Pengalaman Unik di Bulan Ramadan




“Kakek Tua dan Tasnya”

Gw mau sedikit berbagi cerita tentang pengalaman gw di bulan ramadan lalu, di mana pada bulan tersebut gw masih sibuk-sibuknya ngurusin pemberkasan administrasi tuk pembuatan  visa dan lain-lainnya. Karena sebentar lagi gw akan ditransfer ke negeri seribu menara, negeri kelahiran para nabi, dan negeri yang memiliki sejarah dan (sisa) peradaban kuno nan eksotik dan menarik. Yakni Mesir, tepatnya di ibu kotanya, kairo. Kalo kata orang indo mah ‘kota santri’. Karena dari dulu sampai sekarang sudah banyak para santri yang menimba ilmu di sana dan pulang mengabdi buat ummat dan tanah air tercinta.

Tentu ini adalah kesempatan emas yang gak boleh gw sia-siain, karena memang gak semua pelajar bisa menimba ilmu di sana. Apalagi gw lulus yang kategori beasiswa Kemenag ketika seleksi nasional Timur Tengah di UIN. Walaupun gw rasa ini sih cuma hoki dan kebetulan. Eh lebih tepatnya rezeki. Tapi gw sangat bersyukur, karena dengan begitu gw gak ngeberatin keluarga gw buat kelanjutan studi gw ini. 

Oke, jadi waktu itu sekitar di sepuluh pertama bulan romadon, gw belum kelar masalah administrasi, kata panitia ada berkas yang salah dan harus dibuat ulang. Waktu itu sih SKCK (Surat Keterangan Baik Kepolisian) yang salah. Karena gw buatnya di Polsek dan ada tulisan Tidak untuk ke Luar Negeri, jadi mau gak mau gw harus ke Polda Metro Jaya buat mengurus SKCK ini. 

Walhasil gw kudu kerja dua kali. Tapi ya gw gak boleh ngeluh, karena waktu pengumpulan sudah sangat mepet, ditambah gw mau segera selesain berkas ini biar gw bisa fokus ibadah di sisa bulan suci ini. Cielah. Lagi pula gak rugi juga gw beramal demi kesiapaan menuntut ilmu, apalagi di bulan ramadan kan. Dimana Alloh menggandakan setiap amal kebaikan yang dilakukan hambanya dengan ikhlas. 

Setelah gw searching lokasi dan prosedur pembuatan SKCK for visa. Ternyata lokasinya terletak di Jakarta Selatan. Gak jauhlah dari rumah gw di Bekasi. Cz sebelumnya gw  sudah terbiasa bulak-balik ke kantor IAAI (Ikatan Alumni Al Azhar Indonesia) di Tanggerang. Jadi everything is gonna be easy!
Mulai pagi sekitar jam 10 gw start menuju terminal Pulo Gadung. Kali ini gw lebih memilih via busway ketimbang KRL favorit gw. Karena menurut google maps dan waze (biasa memanfaatkan teknologi), lebih dekat dan simple naik busway. Dan  Jujur ini kali kedua, eh itu mah lagunya Raisa. Maksudnya kali pertama gw naik busway trans jakarta. Widiw! Bopung amat yak anak bekasi baru naik busway. Maklumlah gw kan lama ngedekem di pondok. Jadi mainnya kurang malem dan jauh. Hihihi. 

Dari rumah sampe ke terminal Pulo Gadung sekitar 30 menit-an, dan gw langsung membeli kartu Flazz yang berisi voucher 25k seharga 55k yang bisa dipake buat bulak-balik naik busway sampai voucher itu habis. Jadi gak usah repot-repot beli lagi,  kalo habis tinggal isi ulang. Gw naik tujuan Pulo Gadung-Halte Polda. 

Ternyata gak ribet naik busway, kagak sampai nyasar. Yakali begitu aja nyasar. Setelah 1 jam lebih perjalanan, akhirnya sampai juga  ke tempat tujuan. Dan seperti yang gw bilang tadi everything is gonna be easy. Semuanya lancar jaya dan mudah proses pembuatannya. Gak sampai satu jam, SKCK for Visa sudah ada di tangan gw. 

Berhubung siang itu masih jam 2-an, jadi gw mutusin buat  hangout ke Blok M Square. Karena memang gak jauh dai Polda. Cma 15 menit naik grabbike. Itung-itung refreshing lah sejenak buat ngilangin kepenatan. Di sana ternyata ada film baru, judulnya My Stupid Boss yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan BCL. Yaudeh gw nonton dulu. Sendiri. maklum gw jomblo sudah terbiasa sendiri, jadi jangan khawatir.  walopun ngeliat kanan-kiri banyak muda-mudi pada duduk beduaan, gw sih enjoin aja. 

Setelah nonton gw langsung ke masjid buat solat asar, jam sudah menunjukkan pukul 5 wib, gw rehat sejenak di masjid sembari membuka Qur’an android gw, baru beberapa menit, gw disuruh seorang bapak buat ke teras masjid, katanya mau ada kajian di sana, yaudah kebetulan bangat  kan, buat ngisi waktu luang, gw join saja kajian tentang tadabbur Al-Qur’an yang disampaikan oleh Ust. Yahya Idrus, Lc, M.A. kajian berlangsung hingga buka puasa dan dapet ifthor gratis!. Lumayanlah buat ngirit pengeluaran ketimbang harus buka di hokben atau mcd. 

Walhasil gw kepaksa pulang malam, karena waktu yang gak mengijinkan. Dan gw balik by busway again. Gw lirik jam tangan ternyata sudah menunjukkan pukul 8 malam. Gak kerasa  gw di blok M lama juga. 

Peristiwa Menarik
Nah di perjalanan balik ini ada kisah menarik. Pas gw naik busway, gw  segera milih kursi yang kosong di bagian tengah tepat di samping seorang pria berkepala empat. disamping kanan gw masih tersisa kursi kosong. karena gw sudah capek bangat, jadi gw memutuskan buat tidur sembari meletakan tas ransel gw di samping kursi sebelah kanan yang kosong. Gw memang lagi gak sadar, terbawa letih yang sangat duluan. Entah baru beberapa menit gw terlelap, tiba-tiba pria tua itu menepuk bahu gw. Gw kaget seketika. Takut saja kalo dia mau berbuat jahat sama gw atau mau menghipnotis gw kaya yang sering gw tonton di tipi-tipi. Mata gw langsung terbuka. 

“Dek itu tas kamu jangan diletakan di samping, taro di depan badan kamu saja sambil didekep”. Sahut pria itu dengan suara parau.

“Oh iya pak, makasih banyak yah. Tadi saya lupa, saking ngantuknya hehe”. 

“Lain kali kamu harus hati-hati kalo naik kendaran umum, apapun itu. Soalnya 3 hari yang lalu tas saya juga hilang gara-gara saya ketiduran di busway”. 

“Hilangnya di busway pak? Bukannya aman ya di busway?” Tanya gw dengan muka polos tanpa dosa. Maklum first time riding busway. 

“Ya namanya kendaran umum dek, kriminal kan terjadi bukan karena kelalaian saja, tapi karena ada kesempatan” ujar pria itu mirip kaya bang napi di acara sergap. 

“Oh begitu ya pak, yasudah makasih ya udah ngingetin saya, saya mau lanjut tidur, soalnya ngantuk bangat”.

Baru gw berubah posisi duduk  dan memejamkan mata, pak tua itu langsung nyamber buat ngajak ngobrol lagi. 

“Memang kamu abis dari mana?”. 

Alah ini orang ngapa tanya lagi, gak tahu apa gw sudah ngantuk parah.
 “Saya dari Polda Metro Jaya pak”. Jawabku sekenannya. 

“Oh habis apa dek? Buat ktp?” tanyanya lagi.

“Enggak pak, buat skck saja”.
  
“Memang rumah kamu di mana?”

“Bekasi”

“Bekasi mana?”

“Bekasi Utara di Pondok Ungu komplek SBS Kelurahan Harapan Jaya deket PT. Alexindo”. Jawab gw lengkap biar dia gak tanya-tanya lagi.

“Oh PT. Alexindo, saya dulu pernah kerja di sana juga. Tapi dulu tahun 90-an dek”

Dalam hati , ini orang kenapa coba kepo amat sama urusan gw. mau elo pernah kerja di Alexindo, China, Tailand atau Hongkong ge bukan urusan gw. gw ngantuk bangat nih, mana capek bangat. Plis udahan interogasi gw. hati gw menggerutu seraya berdoa biar dia behenti bicara. Mana suaranya pelan dan parau. Ditambah suara bising hiruk pikuk lalu lintas. 

Tapi demi menghargai orang tua, terpaksa gw harus memiringkan kepala gw buat ngedengerin celotehan pak tua itu. 

“Oh begitu pak”. Jawab gw sambil mengangukkan kepala sembari menyandarkan kembali badan ke kursi. Dan untungnya pak tua itu gak tanya-tanya lagi. Dan gw bisa lanjutin tidur gw yang sempat tertunda. 

Bus masih terus berjalan menyusuri keramaian ibu kota metropolitan itu. hingga suara parau membangunkan gw.  

“Dek, dek bangun, sudah saatnya transit, ganti bus”. Ujar orang di samping gw yang tak lain tak bukan adalah pak tua tadi.

Gw langsung tengok kanan-kiri gw, orang-orang pada turun buat transit.

“Makasih ya pak sudah membangunkan, saya turun dulan ya buat transit” . jawab gw sembari meninggalkan pak tua itu. 

Gw pun beralih ke bus transit arah Pulo Gadung dari Halte Harmoni. Gw cari posisi aman dan strategis. Akhirnya gw dapet di bagian agak pojok, dan bus juga aga sepi, jadi banyak kursi yang kosong. Buat ngilangin ngantuk dan ketiduran lagi, gw buka-buka hape saja. Cek notif sama bales chat teman-teman yang belum sempet dibales. Namun, tiba-tiba sesosok pria yang gw kenal sebelumnya datang menghampiri gw dan duduk di bangku sebelah gw yang kosong. Pas gw liat ternyata pak tua tadi. Gw segera rogoh tas buat cari headset antisipasi biar ga ditanya-tanya lagi. Soalnya gw lagi badmood bangat plus capek sangat. Belum sempat dapet headset, kakek tua itu langsung nanya gw lagi. 

“Oh ya dek, tadi kamu buat SKCK untuk apa?”

“Buat Visa pak”.

“Oh mau ke luar negri toh, ngapain, kerja?”

“Sekolah pak, bukan kerja.” Jawab gw aga gondok. Yakali emangnya muka gw dah keliatan kaya om-om kerja.

“Sebetulnya dek, saya juga baru buat SKCK, KTP di Cikini, soalnya tas saya hilang kemarin dan di dalamnya ada barang-barang berharga. Atm, sim, uang 750 ribu, dll.  Ini surat laporan kehilangan saya”. Ujar pria tua itu sembari mengeluarkan selembran kertas laporan yang berisi kolom-kolom laporan kehilangan, plus tanda-tangan dan cap bermaterai.

Duh, god! Dalam hati, ini si bapak apalagi sih pakai acara segala nunjuk-nunjukin itu segala. Sudah tahu gw males ngomong. Mana capek lagi. Tapi demi menghargai bapak itu, gw tanggepin saja.

“Oh memang bapak dari mana asalnya? Hilangya di bus mana?’ tanya gw pura-pura serius.

“Saya itu asal Lampung, dan kebetulan saya mau berkunjung ke rumah sanak saudara 3 hari yang lalu, eh di jalan saya malah dicopet”.

Gak tahu kenapa tiba-tiba saja perasaan iba muncul dalam hati, tapi kelelahan membuat gw untuk tidak terlalu mengubrisnya. Dalam hati gw berdoa supaya Alloh menggantinya dengan yang lebih baik.

“Semoga Alloh menggantinya dengan yang lebih baik ya pak”. Ujarku sembari  berdoa tulus dalam hati.

Seketika pembicaraan kita menjadi hening, pak tua itu rupanya juga paham kalau saya sedang tidak mau diganggu. Dan akhirnya dia benar-benar nyerah dan diam. Gw lanjutin lagi aktivitas gw yang sempet tertunda, gw pasang headset di kedua telinga gw sembari mendengarkan penyanyi favorit gw, Tamer Hosny, lagu yang cocok buat menemani tuk perjalanan malam ini.

Sekitar 2 halte sebelum terminal akhir tujuan gw sampai, tiba-tiba saja abang gw wassap, katanya kalau sudah sampe Pulo Gadung ga usah turun ke luar dari haltenya. Di sana saja pesen grab bikenya, karena banyak pemalak dan penodong di sekitar area terminal. Mana jam sudah menunjukkan pukul 10 malam. Dan gw orang baru pula.jadi gw ngerasa was-was saja. Bukannya takut, eh memang takut sih sedikit.

So, gw memutuskan untuk memesan grab di atas. Tapi sialnya setelah beberapa kali gw pesan grab, gak ada satupun yang mengambil orderan gw. Mereka malah cancel pesenan gw.    Gw bingung mondar-mandir sekitar halte. Mane gw sendokir. Di tengah kebingungan gw tersebut, tiba-tiba saja ada yang megang pundak gw dari belakang. Gw kaget bukan kepalang. Apalagi pas gw liat ternyata dia adalah pak tua tadi.

“Loh kok adek belum balik?” tanyanya tiba-tiba.

“Iya ini pak saya lagi pesen grab tapi orderan sya dicancel melulu”.  

“kenapa kamu gak naik metro mini saja dek”. Ujar pak tua mengusulkan.

“pengennya sih gitu, tapi jauh pak, muter-muter dulu, tapi kalo emang sudah mentok ya mending naik angkot ya”.

“Iya lagi pula sudah malem ini dek, mari yuk kita ke tempat angkot”.

Wah kebetulan banget si bapak juga mau ke luar, jadi gw ga sendiri. Tanpa ragu-ragu gw pun mengiyakan ajakannya. setelah menuruni anak tangga halte, kami pun jalan beriringan, ada satu hal yang baru gw sadari, ternyata si pak tua tersebut kakinya pincang sebelah, namun ia tidak memakai tongkat. Gw jadi makin iba sama beliau. Hingga rasa iba itu memuncak tatkala kami sudah  hampir berada di luar terminal, pak tua itu tiba-tiba saja memberhentikan langkah kakinya sembari menepuk bahu gw lagi. gw makin kaget saja dibuatnya.

“Dek saya boleh minta tolong sesuatu?” ucap pak tua itu dengan suara yang lemah dan parau.

“Oh ya boleh pak, ada apa ya?” tanyaku balik.

“anu dek, bisakah adek memberikan sedikit saja uang buat bapak, karena saya benar-benar sudah kehabisan ongkos. Saya gak tahu mau balik ke rumah pakai apa dek. Mohon bantuanya dek seikhlasnya”. Ujar pak tua dengan muka yang memelas dan suara yang berbeda dari sebelumnya.

La hawla wala quwwata illa billa. Astagfirullohu ‘azim... perkataan pak tua tersebut seakan menampar diri gw yang sungguh naif dan sombong ini. Tak mampu gw menahan penyesalan yang begitu dalam atas semua perilaku gw di bus tadi. Tanpa berpikir panjang gw rogoh isi dompet gw. Alhamdulillah masih tersisa 75 ribu pas. Gw serahin selembar lima puluh ribuan ke pak tua itu sembari meminta maaf yang sebesar-besarnya atas sikap gw di bus way tadi.

“pak saya hanya memiliki ini, sisanya buat ongkos saya balik. Semoga bisa membantu bapak ya, maafin saya juga pak atas sikap saya tadi”.

“Alhamdulillah ya Alloh, terima kasih banyak dek, tapi ini terlalu banyak”.

“Tidak apa-apa pak, barangkali uang ini bisa dipakai untuk hal lainnya”.

Pak tua tersebut langsung memeluk erat tubuh gw, hampir saja gw tak kuasa menahan haru yang begitu memukau. Terutama atas  sikap apatisku tadi terhadap beliau selama di perjalanan.

“Terima kasih banyak ya dek, semoga Alloh membalas kebaikan adik di dunia dan di akhirat, oh ya 
 nama adik siapa?”

“Lukman Hakim pak”.

“Oh Lukman ya, lukman hakim” ucap pak tua berulang-ulang tanpa suara, seperti komat kamit tuk mengingat-ingat nama gw.

“kamu mau lanjut belajar di mana dek?” tanyanya lagi.

“Insya alloh di Mesir pak, besiswa”.

“Maasya Alloh.... semoga Alloh memberikan keberkahan kepada adik dalam menuntut ilmu, diperlancar rizkinya, diberikan ilmu yang bermanfaat buat diri adik dan umat, dan diberikan jodoh yang solehah. Bapak yakin adik akan sukses kedepannya. Percaya sama bapak. Bapak tidak pernah meninggalkan solat dan puasa. Bapak selalu melaksanakan solat duhah dan sunah-sunah lainnya”.

“Amiin ya Rabbal ‘alamin, terima kasih atas doa-doanya pak, semoga Alloh memberikan kemudahan kepada bapak dan sekeluarga juga”. Jawabku dengan kepala tertunduk karena menahan tangis yang tak kuasa gw bendung.

Setelah itu kami berpisah, gw mulai memesan grab di sebrang terminal, dan alhamdulillah orderan gw ada yang nerima meskipun sudah agak larut malam. Di perjalanan balik, gw tak henti-hentinya beristigfar dan menyesali semua sikap acuh-tak acuh gw terhadap pak tua tadi. Dari pengalaman tadi, gw banyak bangat mengambil pelajaran bahwa kita gak boleh bersuudzon terhadap orang lain, lebih dari itu kita harus menghargai orang tua dan memuliakannnya. terakhir mengutip perkataan Amirul Mukminin Umar Bin Khattab Radiyallohu 'anhu : 

"Janganlah sekali-kali engkau berprasangka kecuali kebaikan terhadap satu kata yang keluar dari saudaramu yang mukmin, jika memang engkau dapati kemungkinan kebaikan pada kata tersebut".

Semoga kisah ini dapat bermanfaat buat kalian semua ges!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengalaman Unik di Bulan Ramadan "